Aquair Aquascape

Menu
 

Artikel

9 elemen Perlengkapan Dasar untuk Pembuatan Aquascape

Perlengkapan Dasar Aquascape terdiri dari 9 elemen yang harus ada di dalam sebuah aquascape. Artikel ini, aquairscape.com akan membahasnya lebih lanjut.

“aquascape itu adalah seni membentuk ekosistem air tawar. Dipadukan dengan seni dekorasi berbagai unsur penunjangnya. Seperti, pasir, batu, kayu, tanaman hias, hewan air tawar dan lainnya. Aquascape bertujuan membuat ekosistem air tawar yang menyerupai seperti dengan habitat aslinya.”

Setelah kita tahu sejarah tentang Aqascape. Mungkin kita ingin memiliki sebuah atau lebih aquascape, untuk dipajang sebagai pemercantik ruang tamu rumah anda.

..::Artikel Sejarah Aquascape Ada Di Sini::..

Untuk memiliki aquascape yang indah dan menawan, tidaklah sulit. Cara termudah adalah anda dapat menghubungi nomor telepon yang tertera di bawah website ini. Atau hubungi kami pada kontak kami yang ada di sini.

..::Kontak Kami::..

Namun, bila anda memiliki waktu luang yang banyak, dan anda ingin membuatnya dengan kreasi anda sendiri. Aquairscape.com akan memberikan tips perlengkapan yang mendasar untuk membuat dan mendesign aquascape anda sendiri.

Perlengkapan Dasar Aquascape yang Dibutuhkan.

1.    Tank atau wadah.

Tank ini adalah peralatan wajib Perlengkapan Dasar Aquascape. Tidak mungkin kita membuat aquascape tanpa tank. Tank ini bisa terbuat dari kaca atau akrilik. Untuk ukuran, sebaiknya kita memulai dengan kuran tank minimal 60cm.

Kebanyakan scaper pemula mencari tank kecil terlebih dahulu. Alasannya untuk coba-coba atau untuk meminimalisir buget. Namun paradigma itu salah.

Tank dapat diperoleh dengan cara membuat sendiri atau membeli yang sudah jadi. Banyak penjual tank siap pakai di kios-kios pedagang ikan hias. Atau kita dapat memesannya pada tukang kaca. Ingat kawan, pada tukang kaca! bukan tukang tikung pacar orang!

..::Ada Di Sini::..

Untuk membahas masalah seputaran tank, aquairscape.com akan uraikan di artikel tersendiri  ..::belum ada di sini::..

2.    Gravel.

Gravel bila diterjemahkan dalam bahasa Indonesia adalah kerikil. Kerikil/Gravel ini berfungsi sebagai rumah bakteri, untuk perkembang biakan bakteri pengurai yang dibutuhkan untuk menciptakan ekosistem yang baik.

Untuk mendapatkan Garvel tersebut, kita bisa membeli di kios-kios penjual perlengkapan Perlengkapan Dasar Aquascape. Banyak Gravel yang dijual baik bermerk ataupun yang tidak. Untuk membahas masalah seputaran tank, aquairscape.com akan uraikan di artikel tersendiri.

..::belum ada di sini::..

3.    Soil sebagai substrat.

Soil bila diterjemahkan dalam bahasa Indonesia adalah tanah. Subtrat pada aquascape berfungsi untuk media tanam tempat tanaman menancapkan akarnya. Subtrat berguna untuk mengambil nutrisi yang tersedia di dalam kandungan soil.

Soil yang biasa digunakan untuk substrat aquascape adalah tanah pasir yang butirannya sekitar 1-3mm. Pasir Malang dan Pasir Silica adalah contoh yang sering digunakan untuk menjadi substrat aquascape. Pasir malang dan silica harganya yang murah dan mudah dicari.

Namun bagi anda yang dengan mempunyai buget lebih, banyak sekali soil yang sudah jadi. Soil yang sudah diberi tambahan nitrisi dan dikemas dalam merk ternama. Misalnya ADAsoil, Soil Angke, JBL Soil, Amazonia Soil dll. Bisa kita dapatkan.

..::Di Sini::..

Untuk membahas masalah seputaran Perlengkapan Dasar Aquascape Substrat dan Soil, aquairscape.com akan uraikan di artikel tersendiri ..::belum ada di sini::..

4.    Pupuk Nutrisi.

Pupuk adalah salah satu komponen Perlengkapan Dasar Aquascape yang sangat dibutuhkan bagi pertumbuhan tanaman air di aquascape kita. Kekurangan nutrisi akan membuat tanaman aquascape kita menjadi tidak sehat, bahkan berujung dengan kematian.

Pupuk dalam aquascape terbagi menjadi 3 yaitu: Pupuk Dasar, Pupuk Tancap dan Pupuk. Pupuk-pupuk tersebut di atas harus mengandung zat nutrisi yang bermanfaat bagi tumbuhan air. Zat itu seperti adanya kandungan N, P, K, Fe dan lain sebagainya. Contoh pupuk cair yang kandungan nutrisnya lengkap adalah BlackFert Liquid Fertilizer, anda dapat memperolehnya ..::Di Sini::..

Untuk membahas masalah seputaran Substrat dan Soil, aquairscape.com akan uraikan di artikel tersendiri.

..::belum ada di sini::..

5.    Bakteri Starter.

Bakteri starter adalah cikal bakal (biang) bakteri pengurai yang nantinya diharapkan tumbuh berkembang di dalam aquascape kita. Bakteri itu akan mengubah ammonia menjadi nitrit dan diubah lagi menjadi nitrat yang dibutuhkan oleh tanaman aquascape. Bakteri ini sebenarnya bisa tumbuh dengan sendirinya bila kita menyediakan media tumbunya. Namun pertumbuhannya sangat lambat, sehingga harus kita bantu dengan menggunakan bakteri starter.

Banyak produk-produk bakteri starter yang beredar di pasaran dalam bentuk cair ataupun dalam bentuk bubuk dengan beragam merk. Salah satunya adalah BlueBact Liquid Bactery, bakteri starter yang berbentuk cair (liquid bactery). Sehingga BlueBact sangat mudah digunakan. Hanya dengan tinggal semprot saja pada rumah bakteri. Anda dapat memperolehnya.

..::di sini::..

Untuk membahas masalah seputaran Bakteri untuk aquascape, aquairscape.com akan uraikan di artikel tersendiri ..::belum ada di sini::..

6.    Hardscape.

Hardscape adalah bagian terpenting dari tampilan aquascape kita. Jantung bagi design tata letak sebuah aquascape. Aquascape tanpa hardscape bagaikan gunung tanpa puncak, bagaikan lembah tanpa cekungan, dan bagaikan wanita cantik tanpa..ah sudahlah..

Hardscape pada aquascape dapat memberikan kesan alami seperti ekosistem pada habitat aslinya. Dan memberikan detail tampilan agar aquascape kita indah dipandang.

Ada 2 elemen dasar hardscape yaitu: DriftWood atau Kayu atau Akar dan Rock atau Batu. Yang kita bisa dapatkan ..::Di Sini::..

Untuk membahas masalah seputaran memilih Hardscape DriftWood maupun Rock yang baik untuk aqascape, aquairscape.com akan uraikan di artikel tersendiri.

..::belum ada di sini::..

7.    Tanaman Air.

Tanaman air adalah mahluk hidup yang paling utama dalam aquascape. Aquascape tanpa tanaman air maka tidak bisa dibilang bahwa itu adalah sebuah aquascape.

Tanaman air dilihat dari bentuk fisiknya dapat dibagi menjadi beberapa golongan. Yaitu Moss, Stemplant, rizome dan tanaman karpet. Sedangkan bila dilihat dari penempatannya, tanaman air dibagi menjadi beberapa zona. Yaitu front, middle dan back.

Kita bisa mendapatkan Tanaman Air.

..::Di Sini::..

Untuk membahas masalah seputaran Tanaman air Aqascape, aquairscape.com akan uraikan di artikel tersendiri.

..::belum ada di sini::..

8.    Hewan Air Tawar.

Aquarium adalah seni membentuk ekosistem air beserta individu yang ada di dalam habitat air. Maka aquascape tidak bisa terlepas dari yang namanya mahluk hidup air tawar. Selain untuk memperindah aquascape, hewan air tawar itu juga berfungsi untuk membantu membentuk ekosistem di dalam aquascape itu sendiri.

Hewan-hewan air tawar itu berupa ikan hias, udang hias dan keong. Kita bisa mendapatkan Hewan Hias Air Tawar.

..::Di Sini::..

Untuk membahas masalah seputaran hewan-hewan penghuni aquascape, aquairscape.com akan uraikan di artikel tersendiri.

..::belum ada di sini::..

9.    Fresh Water atau air tawar.

Satu-satunya komponen yang membuat sebuah aquascape dapat dibilang aquascape adalah wajib adanya AIR TAWAR atau Fresh Water. Bila diisi oleh air laut, maka namanya jadi Reefarium. Dan bila kotak kaca itu diisi oleh buah-buahan yang sudah dipotong diberi batu es, maka namanya jadi tukang buah potong.

Tidak semua air tawar bagus untuk pengisi aquascape, banyak factor yang mempengaruhi baik tidaknya air tersebut dapat digunakan. Tidak semua air yang terlihat jernih bisa dipakai. Contohnya air RO yang terkenal paling jernih. Namun karena air RO sudah mengalami UV’nisasi, maka tidak bagus untuk air aquascape. Karena air RO sudah banyak unsur kandungan mineralnya yang hilang. Air PDAM yang sudah dicampur oleh kaporit atau khlorin. Air soda yang kandungan karbonatnya tinggi sekali, orang saja bisa dahak apalagi ikan.

Untuk membahas masalah seputaran Air yang bagus untuk aquascape, aquairscape.com akan uraikan di artikel tersendiri.

..::belum ada di sini::..

Demikianlah artikel Perlengkapan Dasar Aquascape yang wajib dibutuhkan untuk membuat aquascape dengan pengalaman pribadi aquairscape.com. Untuk alat-alat dasar apa saja yang wajib dibutuhkan untuk menseting Aquascape.

..::Artikelnya Ada Di Sini::..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *