Aquair Aquascape

Menu
 

Artikel

Jenis Tanaman Air Tawar Aquascape

Jenis tanaman air tawar Aquascape dapat dikategorikan menjadi 6 kelompok yang berbeda. Tidak sedikit para Aquascape pemula menghadapi masalah dikemudian hari setelah membuat Aquascape. Masalah umum terjadi pada saat salah dalam memilih tanaman.

Mereka tidak membayangkan bagaimana tanaman air tersebut tumbuh dan tidak memperkirakan dengan ukuran tangki mereka. Misalnya memiliki banyak tanaman batang yang dapat tumbuh dengan cepat dan harus membutuhkan perawatan dengan cara dipangkas secara rutin.

Dalam artikel ini, akan diulas secara ringkas tentang kelompok tanaman dan hal-hal yang perlu diperhatikan tentang kelompok-kelompok tersebut sebelum menanamnya. Dalam artikel selanjutnya, akan dibahas secara mendetil tentang tanaman Aquascape tersebut satu persatu.

6 Jenis Tanaman Air Tawar Aquascape

  • Rosettes
  • Rhizomes
  • Stem Plants
  • Carpets
  • Mosses
  • Tubers

Tanaman Rossettes (Roset) Aquascape

Jenis Tanaman Air Tawar Aquascape - Tanaman Roset Aquascape

Gambar via: advancedplantedtank.com

Adalah susunan daun tumbuh dalam lingkaran dan rapat berhimpitan, tinggi tanaman maksimum. Untuk mengembangbiakkan, jenis tanaman roset adalah yang paling mudah. Spesies Echinodorus atau tanaman pedang (batang daun memanjang berbentuk seperti pedang) dan Cryptocoryne (crypts) termasuk dalam kategori ini.

Spesies Cryptocoryne menyimpan energi dalam sistem akar mereka yang tebal, dalam tangki yang tidak stabil mereka dapat layu dan kehilangan semua daunnya, akan tetapi mereka dapat hidup kembali ketika memiliki energi yang cukup.

Tanaman Pedang besar untuk midground/background:
Tanaman pedang biasa mudah mencapai ketinggian 40+ cm dan lebih baik sebagai tanaman latar di tangki besar. Tanaman pedang besar termasuk Amazon sword, Echinodorus amazonicus dan juga varietas seperti E. angustifolius, E. ozelot, E. Osiris, E. ‘rubin merah’, E. horemanii.

Spesies ekstra besar seperti Echinodorus cordifolius & E. grandiflorus dapat mencapai ketinggian lebih dari 1,5 meter jika dibiarkan tumbuh di atas permukaan air.

Tanaman pedang yang lebih kecil untuk midground termasuk E. parviflorus (20 – 25cm) dan E. quadricostatus (10-15cm)

Tanaman pendek/semak untuk foreground:
Cryptocoryne ukuran kecil termasuk C. parva (<6cm), C. willisii (<6cm), C. hobbit (<8cm), seri C. wendtii (10-15cm).
Spesies cryptocoryne yang sedikit lebih besar termasuk C. lutea (10-15cm), C. undulata (10-15cm), C. becketii (20cm +).

Tanaman Rhizomes (Rimpang) Aquascape

Jenis Tanaman Air Tawar Aquascape - Tanaman Rimpang

Gambar via: advancedplantedtank.com

Dalam botani, rimpang atau rizoma (bahasa Latin: rhizoma) adalah modifikasi batang tumbuhan yang tumbuhnya menjalar di bawah permukaan tanah dan dapat menghasilkan tunas dan akar baru dari ruas-ruasnya.

Rimpang harus disimpan di atas level media. Spesies Anubias, Microsorum pteropus (Java fern) dan Bucephalandra termasuk dalam kategori tanaman rhizoma Aquascape.

Spesies Java fern dan Anubias adalah tanaman yang paling mudah tumbuh dalam tangki Aquascape. Mereka tumbuh tanpa harus berakar di substrat, dan melekat dengan baik pada kayu/batu. Mereka juga tumbuh dengan baik di tingkat cahaya yang lebih rendah dan membutuhkan pencahayaan yang kurang untuk tumbuh dengan baik. Mereka adalah pilihan bagus untuk tangki yang berfokus pada ikan yang tidak secara khusus disiapkan untuk menanam tanaman.

Jika digunakan pada media, rimpang harus berada di atas media dan tidak boleh dikubur.

Rimpang kecil
Anubias petite dengan ukuran daun dewasa kurang dari 1,5 inci. Banyak bucephalandra juga memiliki daun seukuran ini. Ini bagus untuk tangki ukuran nano dan kecil.

Rimpang besar
Anubias barteri nana berukuran biasa memiliki panjang sekitar 3-4 inci. Tanaman ini baik untuk midground di tangki berukuran sedang dan di atasnya (ukuran 40 galon lebih). Java fern, Microsorium pteropus, tumbuh hingga ketinggian sekitar 20-30cm. Ada juga versi Java fern yang lebih kecil, seperti “phillipine” dan beberapa varietas daun sempit tumbuh lebih pendek di sekitar ukuran daun 10-15cm.

Bolbitis heudelotii lebih besar, tanaman berukuran penuh akan tumbuh hingga 30-40cm. Ini sedikit lebih halus dan tumbuh lebih baik di air yang sedikit lebih dingin. (26 derajat celcius dan di bawahnya).

Tanaman Stem (Batang) Jenis Tanaman Air Tawar Aquascape

Jenis Tanaman Air Tawar Aquascape - Tanaman Stem Aquascape

Gambar via: advancedplantedtank.com

Batang tanaman yang tumbuh secara vertikal dengan ruas bercabang. Jenis ini adalah jenis kategori yang memiliki banyak pilihan tanaman dengan beragam kebutuhan pertumbuhan. Tidak hanya itu, berbagai bentuk dan warna juga ada di kategori tanaman aquascape jenis batang.

Tanaman batang akan tumbuh tinggi hingga mencapai bagian atas tangki, maka dari itu butuh perhatian lebih untuk jenis tanaman ini. Perawatan rutin untuk pemangkasan sangat diperlukan untuk menjaga tangki tetap indah. Kebanyakan, tanaman Aquascape jenis batang membutuhkan pencahayaan dan CO2 yang banyak. Itu diperlukan, karena tanaman batang memamerkan warna yang indah.

Spesies Rotala dan Ludwigia memiliki beragam warna.
Banyak tanaman batang dapat dengan mudah diperbanyak dengan memotong di ruas dan menanam kembali bagian atas. Bagian bawah biasanya akan menumbuhkan tunas baru. Ini memungkinkan jenis tanaman batang untuk dikembangbiakkan dengan sangat cepat.

Pearlweed dan staurogyne repens adalah dua tanaman batang yang dapat dipangkas cukup pendek, membuatnya cocok untuk ditanam di bagian mid/foreground.

Tanaman Carpet (Karpet) Aquascape

Jenis Tanaman Air Tawar Aquascape - Tanaman Karpet Aquascape

Gambar via: advancedplantedtank.com

Tanaman karpet Aquascape sebenarnya juga memiliki batang dan daun, hanya saja berbentuk sangat kecil, jika dilihat sekilas seperti karpet. Tanaman karpet yang menyebar rapi dan terlihat halus, biasanya membutuhkan cahaya dan CO2 yang cukup untuk tumbuh dengan baik.

Karena mereka kecil dan tumbuh pada tingkat substrat, mereka cenderung paling jauh dari sumber cahaya dan sebagian besar dari mereka menyebar lebih cepat dan tumbuh lebih pendek / lebih padat ketika ada pencahayaan yang lebih kuat.

Micranthemum “monte carlo” sejauh ini masih menjadi primadona untuk tangki yang biasa. Dwarf hairgrass (Eleocharis “belem”) juga bagus, sementara dwarf baby tears (Hemianthus callitrichoides “cuba” atau biasa dikenal dengan HC) sangat baik dengan tambahan injeksi CO2

Tanaman karpet dengan daun terkecil
HC “cuba” memiliki daun terkecil. Ini membuatnya bagus untuk tangki yang lebih kecil.

Tanaman karpet dengan penyebaran paling cepat
Glossostigma elatinoides menyebar sangat cepat dan mudah tumbuh dalam tangki injeksi CO2. HC juga tumbuh dengan cepat ketika kondisinya baik. Monte carlo dan dwarf hairgrass sedikit lebih lambat dibandingkan mereka.

Tanaman Mosses (Lumut) Aquascape

Jenis Tanaman Air Tawar Aquascape - Tanaman Lumut Aquascape

Gambar via: advancedplantedtank.com

Lumut atau biasa dikenal dengan Moss Aquascape, biasanya menempel pada permukaan (kayu/batu) sendiri ditempelkan. Pada awalnya, tumbuhan ini ditanam dengan cara ditempelkan dengan benang atau lem. Sebagian besar tanaman lumut mudah tumbuh tetapi akan tumbuh lambat jika tangki tanpa CO2.

Seringkali lumut dijual di toko ikan hias atau toko Aquascape yang diikat dengan kawat atau batu.

Tanaman Tubers Bulbs Aquascape

Jenis Tanaman Air Tawar Aquascape - Tanaman Tuber Aquascape

Gambar via: advancedplantedtank.com

Beberapa tanaman termasuk dalam kategori ini yaitu Spesies aponogeton, spesies Nuphar dan Nymphaea, spesies Crinum dan Barclaya longifolia.

Sebagian besar tanaman ini tumbuh cukup besar dan lebih cocok untuk tangki berukuran besar (40 galon atau lebih). Teratai, spesies Nymphaea dan Barclaya longifolia dapat ditanam di substrat. Umbi spesies Crinum harus sebagian besar di atas permukaan hanya daerah akar/bawah setengah inci atau lebih yang harus ditanam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *