Aquair Indonesia

Menu
 

Artikel

Aquascape by Aquair Indonesia

Aquascape by Aquair Indonesia

Aquascape adalah seni dekorasi dalam tank (aquarium) menggunakan bahan-bahan natural seperti batu, kayu, tanaman air, pasir dan lainnya.

Aquascape dipopulerkan oleh Takashi Amano dari Jepang sekitar tahun 1994 – 1997 dengan menerbitkan sebuah buku tentang dunia bawah air dalam Aquarium. Aquascape di Indonesia mulai berkembang diawal dekade 2010 dimana mulai bermunculan komunitas Aquascape yg berkembang hingga saat ini.

Perkembangan yg paling signifikan adalah aquascape tidak hanya menjadi sebuah hobi, akan tetapi telah menjadi sebuah Profesi bagi sebagian orang. Mulai dari jasa pembuatan dan perawatan aquascape, pembuatan produk aquascape, toko penyedia perlengkapan aquascape hingga pertanian khusus tanaman air.

Pandemi COVID-19 sendiri menumbuhkan pasar industri Aquascape menjadi lebih luas. Banyak orang dirumah menghabiskan waktunya dengan hobi-hobi baru, Aquascape menjadi salah satu pilihannya. Dan ini membuat Aquascape menjadi sebuah industri yg dapat menopang ekonomi masyarakat pada umumnya dikala pandemi.

Menariknya, Aquascape masih bisa berhubungan dengan hobi lain, selain hobi ikan, aquascape dapat disatukan dengan pertamanan dan lanscape yang saat ini berkembang pesat. Hal ini bisa dikolaborasikan menjadi paludarium dan terrarium, variasi dari Vivarium (wadah kehidupan).

Aquair Indonesia memulai usahanya pada tahun 2015 pada bidang aquascape dengan salah satu karya yang cukup fenomenal yaitu Monster Paludarium Artis Denny Cagur sebesar 12meter. Banyak pesan yang ingin disampaikan dalam karya ini, bahwa Indonesia bisa bersaing dalam hal skill Aquascape dengan negara lain serta kita patut bangga dengan keanekaragaman hayati yang dimiliki Indonesia.

Aquair Indonesia sendiri memiliki youtube untuk berbagi tips dan tutorial tentang Aquascape, dan Instagram untuk berbagi aktivitas proyek Aquascape.

Selamat produktif dimasa pandemi dengan ber-Aquscape.

Happy Scaping..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.