Aquair Indonesia

Menu
 

Artikel

Pertanyaan dasar scaper pemula yang sering diajukan.

Pertanyaan dasar scaper pemula saat kita baru mulai mengenal dan ingin membuat aqascape. Kita sering bertanya pertanyaan yang mendasar. Pertanyaan dasar yang sering diajukan Scaper Pemula biasanya ya itu-itu saja. Bahkan kita yang merasa sudah menjadi scaper cukup lama juga dahulu mengajukan pertanyaan yang sama.

Mari kita cek pertanyaan-pertanyaan itu.

Pertanyaan dasar scaper pemula.

(by Fairuzs Murwanto).

Pertanyaan dasar scaper pemula tentang awal setup.

Tanya:
Berapa sih budget membuat aquascape?

Jawab:
Terus terang susah jawabnya. Karena aquascape adalah SENI. Gak bisa dihitung secara matematis.Sama seperti karya seni seorang pelukis. Kalo diitung modal kanvas+cat minyanya paling 500rb cukup. Tapi ditangan Basuki Abdullah, kalo udah jadi bisa milyaran. Tank panjang 60cm dgn budget 500rb (lengkap semua supportnya) buat sebagian orang udah cukup bagus.

Tapi buat yg udah larut dalam hobby ini mungkin 5jt aja belum cukup indah. Jadi jawabnya relatif. Di dunia aquascape, ada kubu scaper yg dananya mendukung dan menggunakan produk pabrikan juga memilih tanaman mahal. Tapi ada juga kubu scaper yg orientasinya ke alam ditambah daya kreasi yg gak putus sehingga membuat support scr DIY. Kreasi maksimal modal minimal. Semampunya aja, yang penting hoby ini jangan bikin stress. Kalo sampe stress, bukan hobby lagi namanya. Cari penyakit hehehe. Pertanyaan dasar scaper pemula.

Tanya:
Aquarium saya berukuran 40x20x25cm, kira-kira bisa tidak dipakai untuk aquascape?

Jawab:
Bisa. Berapapun ukuran tank bisa digunakan untuk aquascape, tapi makin besar aquarium makin stabil parameter airnya. Dan menurut pengalaman sih tank yg paling stabil itu minimal panjang 60cm. Dibawah itu butuh kesabaran extra. Diatas itu butuh dana extra! Pertanyaan dasar scaper pemula

Tanya:
Bisakah Aquascape tanpa tabung Karbondioksida (CO2)

Jawab:
Bisa, tapi karenakadar CO2 dalam tank minim, tidak semua jenis tanaman bisa dimasukkan ke dalam tank, ya. Hanya tanaman air yang tahan banting dan membutuhkan CO2 rendah yang bisa bertahan. Apabila sudah tercipta ekosistem yang stabil, sumber CO2 bisa dari pernapasan ikan, kok. Pastikan apabila kadar CO2 rendah, rendahkan juga penerangan aquarium (Low Light), karena tingkat konsumsi CO2 sebanding dengan intensitas cahaya. Untuk dapetin CO2 kan banyak cara selain dari tabung CO2 yg mungkin buat yg baru belajar terasa mahal. Bisa pake tablet, cair atau DIY CO2. Atau sering2 ganti air biar seger terus.

Pertanyaan dasar scaper pemula tentang tanaman.

Tanya:
Tanaman Moss (Lumut) perlu CO2 gak?

Jawab:
Sebagian besar tanaman aquascape perlu CO2 untuk fotosintesis. Tapi kebutuhan Moss tidak perlu sampai di-inject CO2 di aquascape masih bisa hidup. Moss dapat hidup di air yang kadar CO2nya rendah (Low Tech) dan intensitas cahaya yang rendah pula (Low Light). Namun akan terlihat perbedaan antara Moss yang cukup CO2 dengan yang tidak. Moss tanpa CO2 akan tampak lebih kurus dan tidak berkembang tumbuh.

Tanya:
Tanaman Cuba/HG/Glosso bisa gak kalo gak pake CO2?

Jawab:
Menurut pengalaman sih agak susah ya. Ini jenis tanaman untuk scaper lanjutan. Tidak disarankan utk pemula yg supportnya belom lengkap. Bukan berarti diskriminasi. Karena banyak yg udah di support abis2an aja masih ada yg gagal. Tanaman tuh makhluk hidup. Percaya apa nggak, mrk butuh perhatian dan kasih sayang juga. Faktor utama lainnya yaitu PH air, suhu, nutrisi dan cahaya harus mencukupi. Rawan melting, algae problem dan mati.

Tanya:
Daun tanaman air aquascape bolong-bolong / kuning?

Jawab:
Bisa dibedakan menjadi 2 masalah. Pertama apabila masih baru ditanam, kemungkinan tanaman masih beradaptasi dan ada kemungkinan tanaman melting total (mati). Yang kedua kalau sudah lama ditanam tapi masalah baru muncul, kemungkinan karena kekurangan nutrisi. Solusinya tambahin pupuk cair atau tancap.

Pertanyaan dasar scaper pemula tentang peralatan.

Tanya:
Lampu 20 Watt cukup gak buat aquascape?

Jawab:
Tergantung ukuran tank, Aquascape dengan panjang 60cm ke bawah dengan lampu 25 Watt masih mencukupi. Kebutuhan lampu adalah untuk fotosintesis tanaman, jadi bukan asal terang. Harus dibedakan dasar aquascape yg merupakan ‘berkebun di dalam air’ dengan konsep miara ikan yang asal lampunya terang udah cukup. Sekarang udah ada software Kalkulator Aquascape di Android tuh. Jadi bisa di download dan di pake. Sebagai contoh: untuk tank 60x30x30. Idealnya itu menurut kalkulator aquascape untuk lampu: 25-27 watt (low), 30-35 watt (med), 40-50 watt (high). Kebutuhan substrate 27 kg. Pupuk Dasar 2kg. filter min 270 liter/jam. Para ahli udah capek ngitungin rumusan ini, jadi kita tinggal make aja. So, jangan protes kalo ada apa2 dengan tanamannya, sementara rumusan dasarnya aja gak diikutin J.

Pertanyaan dasar scaper pemula tentang media tanam.

Tanya:
Apa beda pupuk dasar, soil dan substrate?

Jawab:
Substrate merupakan terjemahan dari media dasar, yang termasuk substrate adalah pasir dan soil, tempat untuk menancapkan tanaman di dasar aquascape. Media dasar seperti pasir malang dan pasir silica bisa digunakan. Tapi karena kurang bernutrisi, jadi ditambahkan pupuk dasar untuk nutrisi tanaman.
Sementara Soil adalah bahasa inggris dari Tanah. Yang dimaksud soil adalah tanah khusus untuk aquascape. Biasanya soil ini adalah produk dari perusahaan di bidang aquascaping, seperti ADA aquasoil, JBL Manado, atau Ruby Soil. Produk ‘soil’ ini umumnya bahan dasarnya juga tanah yang telah di proses panggang. Sehinga tidak hancur apabila terkena air. Sudah ditambahkan kandungan nutrisi (Jadi kalo udah full pake soil, gak perlu pake substrate lagi). Dibanding pupuk dasar yang merupakan nutrisi yang berbahan dasar tanah. Pupuk dasar (pukdas) mudah larut di air. Pukdas harus di tempatkan di bawah substrate agar tidak bocor ke air. Tapi harus dijaga jangan sampai kejauhan dari akar tanaman.

Demikianlah artikel tentang Pertanyaan dasar scaper pemula. semoga bermanfaat.

Artikel selanjutnya akan membahas tentang kesalahan fatal scaper pemula.

..::Artikelnya Ada Di Sini::..

3 tanggapan untuk “Pertanyaan dasar scaper pemula yang sering diajukan.”

  1. Dimi berkata:

    Mau nanya ukuran tank 60x40x40 mau tanam carpet full cuba perlu co2 nya brp bps ya ideal nya?

    • Penulis Aquair berkata:

      Bps gak jadi ukuran kecukupan co2..sebaiknya pastikan bubble co2 nya menyebar rata keseluruh tank..tips nya mungkin untuk cuba..usahakan bubble co2 nya menyentuh dasar substrat

  2. Aska Putra berkata:

    Jika sudah menginjeksi co2 pada tank, apakah lampu harus menyala dengan siesta, atau bisa lgsg 8jam full

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *