Aquair Indonesia

Menu
 

Artikel

Tips Mudah Cara Bersihkan Kerak Aquarium

Kerak yang menumpuk pada aquarium kaca dapat mengurangi estetika dan kejernihan pandangan ke dalam dunia bawah air yang menakjubkan. Untuk membantu Anda mengembalikan kejernihan kaca aquarium Anda, berikut adalah beberapa tips mudah cara bersihkan kerak yang dapat Anda coba.

Cara Bersihkan Kerak Aquarium

cara bersihkan kerak kaca aquarium

1. Penggunaan Cairan Pembersih Asam

Untuk kerak ringan, Anda bisa menggunakan cairan berbahan asam seperti cairan pembersih porselen, cuka, atau sitrun. Oleskan cairan ini secara merata di kaca yang berkerak, gosok dengan spons lembut, dan biarkan selama beberapa menit sebelum membilasnya dengan air bersih.

2. Pasta Gigi

Pasta gigi tidak hanya untuk gigi, tetapi juga efektif untuk membersihkan kerak pada kaca aquarium. Oleskan pasta gigi secara merata, tunggu hingga mengering, lalu gosok dengan sabut besi atau spons. Ini membantu menghilangkan kerak membandel tanpa merusak kaca.

3. Baking Soda

Cara bersihkan kerak aquarium yang ketiga adalah menggunakan baking soda. Baking soda adalah bahan alami yang dapat digunakan untuk membersihkan kerak aquarium. Campurkan baking soda dengan sedikit air untuk membuat pasta, oleskan pada kaca yang berkerak, dan gosok hingga bersih. Baking soda akan bereaksi dengan sisa larutan asam dari cairan pembersih sebelumnya dan membantu mengangkat kerak.

4. Jeruk Nipis dan Soda Kue

Kombinasi jeruk nipis dan soda kue dapat menjadi solusi alami untuk mengatasi kaca berkerak. Oleskan air jeruk nipis dan taburkan soda kue pada area yang berkerak, biarkan bereaksi, lalu bilas hingga bersih.

5. Pembersih Lantai

Beberapa pembersih lantai memiliki kandungan yang dapat membantu menghilangkan kerak pada kaca aquarium. Aplikasikan pembersih lantai, diamkan, lalu sikat dan bilas dengan air hangat.

6. Cuka dan Air Hangat

Campuran cuka dan air hangat merupakan salah satu cara bersihkan kerak aquarium. Cara ini dapat digunakan untuk membersihkan kerak yang membandel. Semprotkan campuran ini pada kaca, diamkan, lalu gosok dan bilas dengan air.

7. Pemutih Pakaian dan Detergen

Campuran pemutih pakaian dan detergen juga dapat kita gunakan untuk membersihkan kerak. Aplikasikan campuran ini, gosok, dan bilas dengan air hangat.

Penggunaan Produk Pembersih Khusus

Ada juga produk pembersih khusus untuk aquarium yang bisa Anda temukan di toko online. Produk pembersih berbahan dasar cair yang dapat menghilangkan kerak dan jamur pada kaca aquarium. Namun, pastikan untuk mengikuti instruksi penggunaan dengan hati-hati dan memastikan keamanan bagi penghuni akuarium Anda.

Selalu ingat untuk mengenakan sarung tangan saat membersihkan aquarium untuk melindungi tangan Anda dari bahan kimia. Juga, pastikan bahwa semua residu pembersih telah Anda bilas bersih sebelum mengisi kembali aquarium dengan air untuk menghindari risiko bagi penghuni akuarium.

Dengan metode-metode tersebut, Anda dapat menjaga kebersihan dan kejernihan akuarium dengan mudah dan aman. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *