Aquair Aquascape

Menu
 

Artikel

4 Alat-alat yang Wajib Ada Pada Aquascape

Dalam kesempatan ini, aquairscape.com akan membahas tentang alat-alat apa saja yang Alat Wajib ada di Aquascape. Mengapa aquairscape.com mengatakan bahwa alat-alat yang akan kita bahas di sini merupakan sebuah kewajiban? Karena Alat-alat yang akan kita bahas ini adalah alat yang dapat menunjang kehidupan ekosistem. Mahluk hidup yang berhabitat di dalam air yang kita buat dalam aquascape.

Setelah kita belajar bersama tentang 9 elemen kebutuhan dasar yang wajib ada di dalam sebuah aquascape versi aquairscape.com.

..::Artikelnya Ada Di Sini::..

Alat Wajib ada di Aquascape.

1.    Lighting System.

Lighting atau pencahayaan adalah Alat Wajib ada di Aquascape. Di dalam aquascape, kita menanam tanaman air yang membutuhkan cahaya matahari untuk melakukan proses fotositensis. Namun, karena aquascape biasanya ditempatkan di dalam ruang atau in door. Maka tumbuhan dan hewan yang ada di aquascape itu tidak mendapatkan sinar matahari. Kekurangan sinar, tumbuhan tidak bisa berfotosintesis untuk memenuhi kebutuhan nustrisinya. Bila tanaman tidak dapat berfotosintesis dan tidak mendapatkan nutrisi yang layak. Maka pertumbuhannya akan terhambat, tidak sehat dan bahkan berujung pada kematian. Seremkan..

Untuk memenuhi kebutuhan akan cahaya yang minim di dalam ruang. Kita wajib membuat system pencahayaan buatan untuk menggantikan sinar matahari. Peralatan Lighting Sytem bisa kita dapatkan.

..::Di Sini::..

Untuk membahas masalah seputaran Lighting system, aquairscape.com akan uraikan di artikel tersendiri.

..::belum ada di sini::..

2.    Water Filtrasi System.

Air di dalam aquascape tidak selamanya jernih dan sehat untuk pertumbuhan mahluk hidup yang ada di dalam aquascape. Dikarenakan aktifitas biologi penghuni aquascape. Kotoran yang dihasilkan dari kotoran ikan atau sisa makanan akan menyebabkan penumpukan ammonia di dalam aquarium. Tumpukan kotoran akan membahakan bagi kehidupan mahluk hidup yang ada di dalam aquascape.

Alat system filtrasi air ini berfungsi untuk menyaring kotoran yang ada di dalam aquascape dengan system kerja secara treatment cycling. Berarti alat filter air ini akan menyaring air dari kotoran dan mengembalikannya ke dalam aquascape. Air yang dikembalikan sdah kondisi bening, jernih dan kinclong. Peralatan Water Filtrasi System bisa kita peroleh.

..::Di Sini::..

Banyak alat filter air yang beredar di pasaran. Untuk memilih alat filter air mana yang cocok untuk design aquascape kita, aquairscape.com akan uraikan di artikel tersendiri.

..::belum ada di sini::..

3.    CO2 System.

Karbon dioksida(CO2) adalah unsur kimia yang dibutuhkan oleh tumbuhan untuk melakukan proses fotosintesis dengan bantuan sinar matahari. Di alam bebas, tumbuhan air mendapat suplay dari air yang mengalir. Sedangkan di dalam aquascape, suplay CO2 itu tidak memadai untuk kebutuhan tanaman air yang ada di dalam aquascape. Untuk itu, kita membutuhkan injeksi CO2 sistem untuk memenuhi kebutuhan CO2 agar tumbuhan menjadi subur dan makmur.

CO2 injeksi system ini banyak pilihan dari yang berbentuk cair, tablet maupun set CO2 tabung. Peralatan CO2 System bisa kita dapatkan ..::Di Sini::..

Semuanya ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing yang akan aquairscape.com bahas pada artikel lain ..::belum ada di sini::..

4.    Cooling System.

Taman air yang kita tanam di dalam aquascape membutuhkan suhu air yang stabil dan dan cenderung dingin. Suhunya antara 18 – 26oC. Ketidak stabilan suhu pada air di dalam aquascape dapat dipengaruhi dari beberapa factor. Misalnya factor suhu pada daerah tertentu. Seperti suhu di daerah dataran rendah seperti Jakarta yang cenderung berubah drastis dari suhu siang dengan malam hari. Akan berbeda dengan suhu Bandung atau Malang yang cenderung stabil. Atau faktor pencahayaan, karena saat lampu pencahanyaan dinyalakan, maka akan menaikkan suhu pada air aquascape.

Untuk medapatkan suhu yang stabil, maka kita membutuhkan sistim pendingin yang banyak beredar dipasaran. Dari mulai harga yang mahal sampai harga yang mahal sekali ada ;).

Demikianlah artikel Alat Wajib ada di Aquascape. Tentang 4 alat-alat yang wajib ada pada aquascape menurut pengalaman pribadi penulis. Semoga bermanfaat bagi semua umat manusia.

Artikel selanjutnya, aquairscape akan membahas tentang alat-alat penunjang untuk mendesign dan menyeting aquascape.

..:: Artikelnya Ada di Sini::..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *